Chating jaringan tanpa software  


Sori kalu menjebak judulnya tapi juga tidak salah kok karena maksud tanpa software disini tidak perlu install software tambahan hanya memanfaatkan software bawaan windows.
Barangkali, Anda sudah mengenal aplikasi WinPopup, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk berkirim pesan antar komputer di dalam satu jaringan (LAN). Sayangnya aplikasi ini hanya dapat berjalan di Windows 98 dan ME.
Bagi pemakai Windows XP disediakan aplikasi Net Send yang dapat dijalankan melalui Command Prompt. Sebagai orang awam yang tidak begitu paham perintah command line mungkin Anda akan merasa kesulitan dan kerepotan dalam menggunakan aplikasi Net Send ini.
Sebenarnya bagi pengguna Windows XP terdapat aplikasi chatting yang sudah berbentuk antarmuka/GUI, daripada menggunakan perintah Net Send yang berbentuk command line.

Aplikasi tersebut dinamakan WinChat. Untuk menggunakannya berikut ini adalah caranya.
1. Pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan.
2. Untuk menjalankannya klik [Start] > [Run] lalu ketik winchat dan tekan [Enter].
3. Untuk berkirim pesan antar komputer Anda harus memasukkan nama komputer yang ingin diajak berkomunikasi dengan mengklik [Conversation] > [Dial] atau mengklik ikon bergambar dial telepon di kiri atas jendela.

4. Masukkan nama komputer dan tekan [OK].
Selanjutnya, WinChat akan men-dial komputer yang bersangkutan. Jika komputer yang dihubungi menjawab panggilan, maka Anda siap melakukan percakapan dengan mengetik pesan Anda di kolom atas, sedangkan lawan bicara Anda di kolom bawah.

(lgy males nulis hasil kopas 80% hehe mksudte kopas plus edit dikitt)

0 comments:

Post a Comment

BLOGROLL

Footer Widget 1

Label Artikel

alexa

Powered by Blogger.

Footer Widget 2

Popular Posts

Followers

visitor in myhome